Apa itu tekanan darah tinggi?


images (2)

Saat jantung memompakan darah, jumlah tenaga darah yang ditekan terhadap dinding arteri disebut “tekanan darah”. Tekanan Darah Tinggi yang dikenal pula dengan hipertensi terjadi ketika tekanan darah terus menerus tinggi dan bertahan selama satu waktu. Dengan aliran darah yang tetap tinggi, dinding arteri meregang melewati batas sehatnya. Semakin banyak tenaga yang digunakan untuk memompa darah ke seluruh tubuh, semakin banyak arteri yang meregang. Dalam jangka panjang, banyak masalah yang akan timbul bersamaan dengan tekanan darah tinggi. Meregangnya arteri secara terus menerus dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke atau aneurisme.

Rasa sakit vaskular terjadi ketika arteri terus menerus meregang, menciptakan robekan mikro di dinding arteri dan pembuluh darah. Robekan ini akhirnya memerangkap plak, kolesterol dan sel-sel darah ketika mereka melewati arteri. Pembentukan plak dapat menyebabkan gumpalan darah yang memotong atau menurunkan pasokan darah ke seluruh tubuh. Potongan pembentukan plak juga dapat terlepas dan menghalangi pembuluh darah, menyebabkan serangan jantung atau stroke. Arteri yang menyempit juga dapat mencegah darah yang mengandung oksigen untuk menjangkau berbagai bagian tubuh, menyebabkan kerusakan pada jaringan dan organ.

Pembentukan dan penyempitan arteri juga berarti bahwa jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam waktu panjang, jantung itu sendiri dapat rusak akibat pengeluaran upaya paksa berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung atau kerusakan pada otot atau katup jantung.

Pada peningkatan tekanan, pembuluh darah di mata dapat menyembur atau mengalami pendarahan, sehingga menyebabkan penurunan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan tidak terdapat gejala untuk tekanan darah tinggi. Orang dapat menderita tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya dan baru menyadarinya setelah menderita stroke, penyakit jantung koroner atau ginjal. Karena itulah penting untuk memeriksa tekanan darah secara teratur.

Mendiagnosis Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah diukur sebagai tekanan sistolik dan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan darah ketika jantung berdetak dan memompakan darah. Tekanan diastolik adalah tekanan darah ketika jantung beristirahat di antara detakan. Pengukuran tekanan darah digambarkan dengan jumlah sistolik yang muncul sebelum atau setelah jumlah diastolik. Hasil pembacaan kurang dari 120/80 mmHg dianggap sebagai hasil normal dan yang lebih tinggi dari nilai itu dianggap sebagai tekanan darah tinggi.

Diagnosis tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, doktor cukup menggunakan manset tekanan darah dan stetoskop untuk menentukan tekanan darah pasien.

Saat melakukan Pemeriksaan Tekanan Darah

Pasien disarankan untuk tidak mengonsumsi nikotin atau kafein 30 menit sebelum pemeriksaan karena keduanya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah buatan. Pasien juga disarankan untuk beristirahat setidaknya selama 5 menit dan menghindari kegiatan fisik. Selain itu, kandung kemih penuh berkontribusi pada hasil tekanan darah yang lebih tinggi.

Mengubati Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan perpaduan perubahan gaya hidup yang sehat dan obat-obatan. Obat-obatan untnuk tekanan darah tinggi mencakup penghambat Beta , penghambat ACE, antagonis Angiotensin, penghambat saluran kalsium (CCB), penghambat Alfa, penghambat Alfa-beta, penghambat sistem syaraf, Vasodilator. Bergantung pada perorangan, berbagai kombinasi obat-obatan dapat diresepkan.

Penting bagi orang dengan tekanan darah tinggi untuk menjalani gaya hidup sehat untuk menurunkan tekanan darah tingginya. Beberapa langkah untuk menurunkan tekanan darah tinggi mencakup pengurangan jumlah konsumsi garam dan natrium, berhenti merokok, membatasi konsumsi alkohol, aktif secara fizik dan menjaga berat badan sihat.

Untuk memahami lebih jauh tentang kondisi Anda dan apa yang dapat dilakukan Gleneagles bagi Anda, silakan lihat daftar layanan kami atau jadualkan sebuah janji temu dengan seorang doktor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s